Menahan Nafsu Dapat Menimbulkan Berbagai Macam Penyakit

Menahan Nafsu Dapat Menimbulkan Berbagai Macam Penyakit- Seperti yang telah kita ketahi bahwa manusia itu diciptakan dengan diberi akal dan nafsu berbeda dengan binatang yang hanya memiliki nafsu belaka.

Manusia memiliki tiga nafsu atau dorongan yang selalu berkompetisi dalam diri manusia yaitu:

1. Ammarah
Nafsu ammarah adalah nafsu yang meliputi sifat-sifat seperti banyak tidur, banyak makan, Banyak menikah, atau nafsu yang sering disebut sifat kebinatangan manusia, sifat-sifatnya selalu cenderung untuk berbuat maksiat yang dilakukan dengan sengaja maupun tidak disengaja.

Penyakit yang dapat timbul bila kita sering menahan nafsu ammarah adalah kerja otak berkurang karena kurang di istirahatkan dengan tidur yang cukup, kurangnya makan juga dapat mengakibatkan penyakit lambung, dan oversex terjadi bila seseorang tidak pernah merasakan kenikmatan dunia.

2. Lawwamah
Nafsu lawwamah adalah nafsu yang sering disebut sebagai nafsu setan yang terpereangkapa pada diri setiap manusia, nafsu ini sering bkali membisikkan pada manusia untuk senantiasa berbuat keji. Orang yang telah dikuasai oleh nafsu lawwamah senantiasa mengoreksi ketiaka ia melakukan dosa atau kemaksiatan tetapi berhianat atau berbohong pada dirinya sendiri, misalnya kita mengetahui dan menyadari bahwa perbuatan yang kita lakukan adalah salah tetapi masih saja kita ulangi.

penyakit yang dapat timbul ketika seseorang menahan nafsu lawwamah adalah kecenderungan seseorang untuk tidak melakukan hal yang dapat membuat dirinya merasa tenang. bila seseorang menahan terlalu lama orang tersebut dapat menjadi orang yang kurang waras.

3. Muthmainnah
Nafsu muthmainnah adalah dorongan untuk selalu berduat kebaikan, dalam diri setiap manusia terdapat nafsu muthmainnnah yang dapat menenangkan dirinya, membuatnya tentram dan damai, sebejat bejatnya seseorang pasti pernah berbuat kebaikan.

Penyakit yang dapat timbul ketika seseorang sering menahan nafsu muthmainnah adalah mereka akan senan tiasa merasa gundah, tidak nyaman,dan tidak tentram bila diri kita senantiasa merasakan hat tersebut bukan tidak mungkin mereka dapat menjadi seseorang yang berperilaku buruk dan tidak sopan.